Bisnis Online

Online earning saya artikan sebagai pendapatan yang diperoleh dari aktivitas berbasis online, sifatnya lebih kepada aktivitas jasa sehingga tidak perlu ada produk berupa barang yang perlu dimiliki. Sementara online store adalah warung biasa seperti pada umumnya hanya saja memanfaatkan internet sebagai salah satu saluran pemasarannya.

Jujur saja, saya gak yakin juga dengan definisi tadi. Agak bingung membedakannya, atau jangan-jangan memang tidak beda. Hehehe…. Sebelum anda bertambah bingung, saya akan beri contoh supaya bisa lebih jelas. Anggaplah anda memiliki warung roti. Secara konvensional, anda menjual roti melalui dunia offline. Misalnya dengan menunggu pembeli datang ke warung atau memasarkan langsung ke kios-kios kecil lainnya. Jika anda ingin memasarkannya melalui dunia online (internet) maka anda perlu membangun online store (warung online) berupa situs web atau blog.

Sementara aktivitas online earning basisnya adalah internet, meski tentu saja bisa didukung oleh aktivitas offline. Anda bisa mendapatkan dollar dengan menuliskan review di blog anda, memasarkan produk orang lain (affiliate), memberikan ruang di blog anda sebagai tempat iklan, dll.

Kedua hal tadi adalah aktivitas mencari uang dengan memanfaatkan teknologi internet. Lalu, mana yang anda lakukan, melakukan aktivitas online earning atau online store, atau kedua-duanya?

Tulisan terkait

  • Belum ada tulisan terkait