Bisnis Online

Sudah bukan rahasia lagi, sebuah domain internet bisa menjadi investasi. Saya tak perlu menyebut contoh karena cukup banyak domain yang terjual jauh lebih mahal dari harga standarnya, mulai dari sekadar ratusan dollar hingga jutaan dollar. Domain semacam itu disebut pula dengan nama premium domain. Domain dengan konteks lokal Indonesia juga banyak yang laku cukup mahal.

Memang sih, ada yang kontra dengan para pemborong domain ini, khususnya bagi pengoleksi domain yang mengambil nama orang terkenal. Saya punya dua domain yang mengarah pada nama orang terkenal, satu dotcom, satu lagi dotorg, dan keduanya digunakan untuk domain parking. Selebihnya, saya lebih suka memilih domain dengan nama tempat atau kata-kata umum.

Seorang teman saya berhasil lebih dulu memiliki domain dewiperssik.com (double “s”), nama seorang bintang terkenal yang juga kontroversial. Beberapa hari lalu, domain itu ditawar seseorang seharga Rp 1 juta. Penawaran itu ditolak karena teman saya itu menginginkan harga US$ 1.500. Saya kira, sikapnya tidak berlebihan. Angka sejuta terlalu kecil untuk value domain tersebut. Jika mereka merasa terhambat dengan harga tersebut, toh mereka masih bisa memilih domain dotnet atau dot lainnya, sebagaimana Gus Dur memilih menggunakan GusDur.Net ketika GusDur.Com dinilai memasang harga terlalu mahal.  Gitu aja kok repot!

Anda sendiri, pernah berinvestasi lewat sebuah domain? *

Apa itu premium domain? Googling di sini!