Gaya hidup online tampaknya telah melekat pada sebagian masyarakat Indonesia, terutama mereka yang hidup di perkotaan. Boleh jadi, setidaknya setengah dari kehidupan mereka setiap hari selalu tersambung dengan dunia online.

Berangkat pagi ke kantor, langsung disuguhi komputer yang terkoneksi dengan internet. Saat pulang kantor pada sore hari, telepon genggam menjadi tumpuan untuk terkoneksi dengan dunia online. Sesampai di rumah, barangkali hotspot perumahan sudah menanti. Atau koneksi internet melalui kabel atau wireless dari operator seluler juga semakin mudah diperoleh.

Gaya hidup online ini juga merubah berbagai kebiasaan masyarakat. Dahulu, televisi merupakan media andalan untuk memperoleh informasi terbaru. Kini, baca berita di internet yang menjadi andalan. Televisi dan media cetak menjadi pelengkapnya kemudian.

Ada banyak media online tersedia, semuanya berlomba menginformasikan hal paling terkini. Bukan hanya media massa online saja yang menjadi sumber informasi di internet. Media personal pun kerap menjadi andalan. Termasuk di dalam kategori media personal adalah blog perorangan, account di facebook dan twitter, atau pun forum-forum diskusi.

Begitu banyaknya saluran media di internet, kadang kita membuang banyak waktu untuk berpindah dari satu saluran ke saluran lain. Padahal yang kita cari seringkali hanyalah berita terkini saja. Untunglah ada juga pihak yang menyadari perlunya satu halaman yang berisi informasi dari banyak media.

Istilah untuk halaman seperti itu adalah news aggregator. Mereka mengambil secara otomatis berita-berita terkini dari sejumlah saluran media sehingga pembaca tinggal “window shopping” sebelum menentukan ingin membaca yang mana.

Seorang penggemar sepakbola misalnya, akan disuguhi berita sepakbola nasional dan internasional dari media-media ternama seperti Goal Indonesia, Bola Okezone, Detik Sport Sepakbola, Vivanews Bola, Kompas Bola, Sepakbola.com, BolaNews, dan Berita Bola. Semuanya tersaji di satu halaman. Bayangkan berapa banyak waktu kita hemat daripada harus mengunjungi media online itu satu per satu.

Contoh lain, bagi para pencari kerja mungkin telah menjadi hal biasa untuk mengunjungi satu per satu media online yang menyajikan informasi lowongan kerja terbaru. Kini dalam satu halaman saja anda bisa melihat informasi terbaru dari Bursa Lowongan, Datakarir, Jobindo, Lowongan Kerja Online, Lowongan Pekerjaan, serta Kerja Bursa.

Tulisan terkait

  • Belum ada tulisan terkait