Bisnis Online

Nama ini mungkin tidak setenar Google atau Yahoo, tapi bicara tentang internet directory tidak akan lengkap tanpa menyebut DMOZ. Bahkan konon, sebuah domain akan memiliki value lebih tinggi bila domain tersebut ada di dalam direktori DMOZ. Saya sendiri tidak tahu banyak tentang karakteristik DMOZ dibanding internet directory lainnya kecuali bahwa DMOZ merupakan open directory project yang dikelola secara manual, bukan mesin. Katanya, ini pula yang menyebabkan tidak mudah untuk bisa listing di DMOZ.

Berbekal penasaran, saya pun menyambangi dmoz.org. Tampilannya sangat sederhana, dan entah mengapa mereka lebih memilih menggunakan domain .org meskipun domain dmoz .com pun telah mereka kuasai. Di sana ada link “World” yang merupakan direktori untuk berbagai negara dengan bahasa non-Inggris. Bahasa Indonesia sudah ada di sana, dan ternyata di dalamnya tersedia juga direktori untuk seluruh provinsi di Indonesia.

Saya pun masuk ke direktori DMOZ kategori Jawa Barat, dan tertarik dengan tulisan “kategori ini memerlukan editor”. Setelah sedikit jalan-jalan dan mencoba memahami ada apa saja di DMOZ, saya pun mengajukan diri menjadi editor kategori Jawa Barat. Setelah menunggu cukup lama, hampir satu bulan. DMOZ menjawab, pengajuan saya ditolak dengan alasan satu, dua, tiga…! Tambah penasaran, saya kirim lagi pengajuan kedua dengan memperbaiki hal-hal yang diminta oleh DMOZ. Setelah menunggu lagi, sama kurang lebih satu bulan, akhirnya saya diterima menjadi editor DMOZ kategori Jawa Barat.

Editor ini diserahi tugas untuk mereview setiap pengajuan situs yang ingin listing di DMOZ, dalam hal ini kategori Jawa Barat. Editor juga dapat menginput sendiri situs ke halaman yang dikelola, serta menambah subkategori direktori bila dibutuhkan. Saya berniat membuat subkategori untuk kota dan kabupaten yang ada di Jawa Barat, dan tentu saja menambah banyak situs yang listing di DMOZ kategori Jawa Barat.

Saat ini saya masih kutak-katik bagaimana menjadi editor DMOZ. Masih bingung sih sebenarnya, tapi semoga bisa memperkaya halaman DMOZ halaman Jawa Barat. Bila anda berminat mengajukan situs untuk listing di sana, syaratnya mudah kok. Asalkan situs itu berbahasa Indonesia atau bahasa suku di Jawa Barat (Apa saja ya… Sunda, Cirebon, terus…?), terkait dengan Jawa Barat baik isi maupun lokasi, silakan ajukan di sini. Lalu di bagian atas klik “menyarankan url” atau “suggest url”. Tinggal isi form pengajuan deh. Gampang kan!

Apa itu Open Directory Project? Googling di sini!