Bisnis Online

Dalam dunia marketing, dikenal dua term yang tampak berseberangan namun keduanya memiliki penganut setia masing-masing. Term ini terkait dengan pasar yang akan disasar dari aktivitas marketing, apakah sangat terbatas atau niche market atau justru general dengan membidik semua. Term ini juga menjadi acuan bagi kita untuk membuat blog, ada yang memilih tema general sehingga semua bisa masuk atau tema khusus sehingga diharapkan lebih punya positioning yang lebih mengena.

Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, tinggal bagaimana kita menyadari kondisi kelebihan dan kekurangan itu untuk kemudian mengatur strategi agar lebih banyak mengedepankan kelebihannya. Salah satu blog dengan tema general yang baru saya jumpai adalah Ngajari.com. Blog yang selintas punya nama yang pongah ini menulis dengan berbagai tema, mulai dari bagaimana mencari uang di bisnis internet, kesehatan, juga tips-tips lainnya.

Pemilik blog ini sejak awal telah memberitahukan, meski nama blognya adalah “ngajari” namun bukan berarti dia tahu banyak.  Dia mengaku masih belajar dan mencoba terus mencari ilmu sambil membagi pengetahuan yang dia miliki. Saya kira, dalam hal itu dia punya kesamaan dengan blog hardim.org ini. Hanya saja, saya melihat pemilik blog ini masih kurang rapi dalam menuangkan tulisannya, terbukti banyak salah ketik. Ketidaktelitian itu antara lain penulisan “fitamin” dalam salah satu judul di kategori kesehatan, padahal seharusnya “vitamin”. Penyusunan kategorinya pun terlihat banyak yang tumpang tindih. Diluar itu, semangatnya untuk berbagi pengetahuan dan tips-tips tetap patut diapresiasi. Semoga sukses!