Kurang lebih dua dekade lalu, pada era 1990-an, saat internet mulai menyerbu Indonesia, catatan-catatan pribadi juga telah mewarnai jagad internet. Dahulu kita mengenalnya dengan istilah “personal homepages”. Isinya tidak banyak, biasanya hanya sekadar about us atau who is.

blogger
Halaman internet yang tersedia ketika itu belum terlalu banyak. Bagi mereka yang berlangganan internet service provider (ISP), selain memperoleh bonus e-mail, biasanya ISP juga memberi beberapa megabyte untuk personal homepages ini. Selain itu, ada juga penyedia halaman internet gratisan. Salah satu yang cukup terkenal adalah Geocities.com. Namun, Geocities kini sudah menghentikan layanannya. Geocities sudah mati!

Belakangan, catatan-catatan pribadi di internet dikenal dengan istilah blog. Perkembangan teknologi tentu saja semakin memberi kemudahan bagi pengguna internet untuk merambah dunia internet. Tidak perlu lagi FrontPage untuk merancang halaman internet. Anda hanya perlu menyiapkan catatan, tanpa perlu banyak pengetahuan tentang komputer dan pemrograman. Blog tersedia dengan banyak kemudahan, bahkan bagi pengguna awam sekalipun. Sebut saja, FrontPage sudah bisa dimatikan!

Istilah blog mungkin baru dikenal beberapa tahun belakangan ini, namun blog sebenarnya adalah juga perkembangan dari apa yang dahulu kita kenal sebagai personal homepages. Dahulu netter berbondong-bondong membuat account di Geocities, kini lebih banyak lagi netter yang berbondong-bondong membuat blog.

Dimana kita bisa mendapatkan layanan blog gratisan? Banyak banget, bahkan penyedia lokal dari Indonesia pun cukup banyak. Namun bicara tentang blog sulit untuk memisahkannya dengan blogger.com. Penyedia blog yang menggunakan domain blogspot.com ini sangat populer di kalangan netter.  Meski penggunaan subdomain semacam itu kini mulai tidak populer karena memiliki domain kini sendiri sangatlah mudah, ternyata blogspot masih mampu bertahan. Sejumlah kenyamanan yang diberikan blogspot, dengan fitur-fitur yang memanjakan penggunanya, diyakini menjadi salah satu alasan mengapa blogspot masih tetap menjadi pilihan bagi para pengguna blog. Apalagi blogspot pun memungkinkan penggunanya menggunakan domain sendiri tanpa harus berpindah dari layanan blogspot.

blogspottemplate
Satu faktor penting lainnya yang membuat blogspot tetap bertahan adalah kecintaan dari para penggunanya. Mereka dengan penuh kecintaan mempersembahkan berbagai tool yang dapat mendukung pengguna blog berasyik masyuk dengan blogspot mereka. Salah satu bentuk cinta itu bisa terlihat dengan disediakannya Blogspot Template yang indah untuk dilihat, dan gratis pula! Jika anda punya account di blogspot, coba perindah tampilannya dengan template keluarga seperti ini yang tersedia di sana. Jika anda ingin memonetize blogspot dengan program seperti adsense, di sana juga tersedia template yang cocok untuk adsense.

Atau bila pun anda belum punya account di blogspot, setidaknya anda tahu bahwa ada banyak pilihan template yang bisa anda gunakan untuk rumah blogspot anda.

Ya, blogspot memang belum mau mati!

Tulisan terkait

  • Belum ada tulisan terkait