Ketika saya membangun layanan free short url www.short.web.id, ada beberapa teman yang bertanya, itu layanan apa sih? Sebenarnya mereka tahu, layanan itu berfungsi menyingkat atau juga merubah sebuah alamat internet menjadi sebuah alamat alias. Tapi beberapa masih bertanya, mengapa harus diubah menjadi alamat alias?

Saya tidak terlalu ahli dalam menjelaskan, namun sebisa mungkin saya menjawab pertanyaan itu. Untungnya, twitter kini sedang merajalela. Meski saya tidak aktif menggunakan twitter, namun saya tahu banyak pengguna twitter sangat terbantu dengan layanan short url. Saat kita ingin memberitahu sebuah alamat internet, yang kadang cukup panjang karena berada di sebuah kedalaman tertentu dalam sebuah domain internet, kita bisa menggunakan layanan short url.

Dengan layanan short url itu, pengguna twitter tidak perlu repot menaruh alamat yang panjang di pesannya, apalagi pesan twitter punya batas maksimal 140 karakter. Di sisi lain, pembaca twitter juga bisa mudah menghapal alamat tersebut jika ingin mengetikkannya di browser. Fungsi yang sama juga berlaku untuk penulisan alamat internet dalam status facebook. Beberapa layanan short url juga memungkinkan penggunanya mengetahui berapa orang telah mengklik alamat tersebut. Jadi kita bisa tahu seberapa besar atensi orang terhadap pesan kita.

Fungsi lain dari short url adalah untuk menyelimuti link afiliasi. Bagi mereka yang pernah menjadi pemasar afiliasi tentu sudah tidak asing lagi dengan teknik ini. Sebuah web yang mempunyai layanan afiliasi, biasanya memberikan link afiliasi kepada pemasar mereka dengan format www.namadomain.com/?=linkafiliasi. Secara psikologis, setiap orang malas melakukan klik terhadap link yang mengandung afiliasi. Daripada mengklik link afiliasi itu, mereka akan langsung mengetik nama domainnya saja tanpa link afiliasi. Kalau sudah begitu, pemasar afiliasi itu hanya bisa gigit jari. Daripada link afiliasi dibuat telanjang seperti itu, lebih baik menggunakan layanan short url untuk menyelimuti link afiliasi kita.

Setidaknya, dua hal itulah yang selalu saya jelaskan kepada orang yang bertanya tentang fungsi short url. Nah, jika anda sudah mengerti dan mulai tertarik menggunakan layanan free short url, jangan lupa menggunakan layanan dari www.short.web.id. Hehehe… teteuppp promosi!

Tulisan terkait