Bisnis Online

Maaf, angka tersebut bukan gaji Sri Mulyani Indrawati sebagai Managing Director di World Bank Nanti. Gaji Sri Mulyani bahkan 2 kali lipat dari angka tersebut. Tapi klaim pendapatan seperti itu mungkin sudah cukup sering kita temui di jagad internet.

Sumber: gettyimages.com

Sumber: gettyimages.com

Angkanya bisa berganti-ganti, tapi kisarannya selalu pada ribuan dollar. Bisa $ 5.000 per bulan, mungkin $ 10.000 per bulan, atau bahkan tidak tanggung-tanggung $ 50.000 per bulan. Memangnya internet itu sejenis perusahaan seperti apa sehingga bisa memberi gaji seperti itu?

Apa kita tidak bisa memperoleh uang sebesar itu dari internet? Mungkin saja! Jika anda pelaku online earning profesional, bisa saja pendapatan seperti itu diraih, tapi bukan sebagai gaji bulanan. Pelaku online earning adalah pedagang, bukan karyawan! Jadi jangan pernah percaya jika ada yang bilang saya dapat duit sekian per bulan dari internet.

Penghasilan seorang pedagang itu tidak pernah bisa ditentukan sebagaimana pastinya seorang karyawan memperoleh gaji setiap bulannya. Jika hari ini memperoleh 3, mungkin besok bisa dapat 8, atau mungkin juga hanya 1. Semua itu tergantung usaha dari diri mereka masing-masing, serta takdir Allah.

Jadi jangan tanyakan pendapatan per bulan kepada seorang pelaku online earning. Tanyakanlah pendapatannya tiga bulan terakhir, atau setahun terakhir. Dari sana setidaknya kita bisa memperoleh gambaran ada pada tingkat mana perdagangan mereka.