Fasilitas internet apa yang paling sering anda gunakan? Bisa jadi jawaban paling banyak atas pertanyaan itu adalah e-mail. Bila ditanyakan lagi, layanan e-mail apa yang anda gunakan, jawabannya bisa sangat beragam. Yahoo Mail dan Google Mail masih merupakan pilihan favorit untuk e-mail dengan domain publik.

Selain e-mail dari Yahoo dan Google, pengguna internet juga banyak menggunakan e-mail dari internet service provider (ISP) langganan mereka. E-mail dengan domain ISP ini jumlahnya cukup banyak, tetapi tentu saja tidak sebanyak e-mail dengan domain Yahoo dan Google sehingga terasa lebih eksklusif. Ada yang lebih eksklusif lagi, yaitu e-mail dengan domain sendiri.

Domain sendiri tentu hanya digunakan oleh pemiliknya saja, sehingga tidak ada orang lain menggunakan e-mail dengan domain yang sama kecuali diijinkan oleh pemiliknya. Contohnya, domain hardim.org ini digunakan secara pribadi sehingga domain ini tidak dapat digunakan oleh orang lain. Saya juga mengelola domain ujungberung.com. Mengingat ujungberung.com digunakan sebagai domain untuk portal komunitas maka saya berinisiatif membagi domain itu untuk publik. Istilahnya, domain sharing. Dengan demikian, anda berkesempatan memiliki e-mail dengan format namaanda@ujungberung.com. Bagaimana caranya, kunjungi saja ujungberung.com!

Sayangnya, eksklusifitas domain sendiri itu juga kerap harus dibayar dengan sejumlah biaya. Diluar biaya pembelian domain, kita juga harus menyewa hosting. Ada sejumlah hosting yang menyediakan paket khusus e-mail hosting, namun lebih banyak yang menggabung e-mail hosting ke dalam salah satu fasilitas dalam web hosting.

Untungnya, Google berbaik hati menyediakan e-mail hosting gratis dengan nama Google Apps. Soal kualitas, jika anda pernah menggunakan Google Mail maka anda bisa membayangkannya karena Google Apps memiliki semua fasilitas yang diberikan oleh Google Mail. Dengan Google Apps, kita bisa mendapatkan fasilitas e-mail hosting tanpa dipungut biaya dengan kemampuan membuat account pengguna mulai dari hanya satu hingga ribuan alamat e-mail. Jadi, anda bisa menggunakan domain itu untuk kepentingan pribadi saja atau membaginya dengan keluarga, teman, atau komunitas anda.

Google Apps memberikan kapasitas e-mail hingga hampir 7 Gigabytes. Bandingkan dengan e-mail dari ISP atau web hosting, yang untuk paket menengah ke bawah biasanya menawarkan kapasitas di bawah 1 Gigabytes. Kehandalan Google Apps dalam mengirim dan menerima e-mail juga sangat teruji. Google Apps juga bermanfaat saat kita memindahkan domain dari satu registrant ke registrant lain, data arsip e-mail masih akan tersedia meskipun kita menggunakan web based e-mail.

Apa itu E-mail Hosting? Googling di sini!

Tulisan terkait