Bisnis Online

Belum lama ini, seorang teman mengikuti proses rekruitmen di sebuah perusahaan farmasi. Perusahaan tersebut memang berkantor pusat di Jakarta, namun rekruitmen kali ini dilakukan untuk mengisi posisi pada kantor cabang di Surabaya. Hasil rekruitmen itu menyatakan dia diterima, dan diminta segera mendatangi kantor di Surabaya.

Dia tentu saja senang karena diterima bekerja dengan posisi yang lebih baik dibanding kantornya saat ini di Bandung. Tapi dia rupanya juga menyimpan kebingungan, maklum dia belum pernah menginjakkan kaki di Surabaya. Dia hanya tahu Surabaya adalah salah satu kota besar di Indonesia yang sering disejajarkan dengan Jakarta untuk perihal bisnis. Banyak perusahaan terkemuka yang memilih membangun kantor cabang atau bahkan kantor pusat di kota metropolitan di ibukota provinsi Jawa Timur.

Teman saya tadi punya waktu satu minggu untuk menyiapkan segala sesuatunya. Dia tentu saja harus mencari rumah atau kamar kost untuk tempat tinggalnya selama di Surabaya. Dia juga harus melihat lokasi kantornya di Surabaya, dan lalu menyesuaikan mana tempat kost yang paling nyaman dan dekat ke kantor. Untuk itu, dia perlu melakukan survai kecil dan berangkat ke Surabaya sesegera mungkin.

Langkah awal yang dia lakukan adalah mencari hotel atau tempat penginapan di Surabaya. Mengingat dia juga buta tentang jalan di kota Surabaya, dia sengaja mencari hotel yang menyediakan fasilitas jemput di Bandar Udara. Ternyata, julukan Surabaya sebagai pusat bisnis yang setara dengan Jakarta benar adanya. Terbukti, banyak hotel berbintang yang tersedia di sana, sebut saja Hotel Novotel Surabaya, dan banyak lagi lainnya.

Untuk mengetahui ulasan singkat tentang hotel-hotel tersebut, teman saya tadi menemukan situs web HotelSurabaya.Net. Di sana tersedia beberapa ulasan tentang hotel dan juga tempat penginapan pada umumnya di Surabaya. Dengan membaca informasi di situs web tersebut, calon penghuni hotel bisa membandingkan beberapa hotel di Surabaya sebelum menentukan pilihannya untuk menginap. Informasi itu antara lain, status kelas hotel tersebut, fasilitas yang tersedia di sana, jumlah kamar yang tersedia, dan tentu saja alamat hotel tersebut.

Selamat mengunjungi kota Surabaya!