Bisnis Online

Dulu, ketika Yahoo Messenger dan Gtalk belum terlalu terkenal, ada satu layanan messenger yang sangat terkenal dengan anggota mencapai ratusan juta. Namanya ICQ, dibacanya “I Seek You”. Saking banyaknya anggota ICQ, sempat ada kebanggaan tersendiri bagi anggota ICQ yang memiliki nomor identitas di bawah 6 digit.

ICQ Versi 7

ICQ Versi 7

Saya juga punya nomor ICQ, 7 digit, anggota ke 2 juta sekian lah. Dulu saya pun menggunakan messenger ini. Namun seiring perjalanan waktu, ICQ tampaknya tak kuasa menahan datangnya pesaing baru. Sekarang, mungkin tidak banyak orang yang masih menggunakan ICQ.

Belum lama ini, saya iseng mengunjungi situs ICQ. Ternyata, ada perubahan besar di sana. Mereka baru saja meluncurkan ICQ Versi 7. Dengan versi ini, ICQ kini bisa terintegrasi dengan Facebook dan Twitter. Sepanjang kita terhubung dengan ICQ, seluruh aktivitas teman-teman kita di Facebook dan Twitter bisa terpantau tanpa kita harus login ke sana.

Sebenarnya, fasilitas seperti itu sudah di miliki oleh Digsby yang selama ini saya gunakan. Bahkan Digsby menawarkan lebih, yaitu terintegrasi pula dengan YM dan Gtalk. Mungkin karena ICQ sejenis dengan YM dan Gtalk maka mereka tidak memasukan fasilitas tersebut.

Identitas ICQ pun kini dibuat mudah, bila dulu kita sulit menghapal nomor identitas, kini kita bisa login ke ICQ dengan username yang kita pilih. Sepertinya, ICQ mencoba bangkit kembali. Entah apakah akan berhasil…?