Bisnis Online

T-shirt is forever! Ya, banyak orang mengakui, t-shirt atau kaos adalah fashion yang berlaku sepanjang zaman. Kaos selalu pantas digunakan oleh siapa saja, mulai dari bayi hingga kakek nenek. Dari dahulu, sebut saja sejak Pergerakan Boedi Oetomo berdiri, hingga saat ini ketika hotel ruang angkasa mulai dibangun, kaos tak pernah ketinggalan zaman.

Itu sebabnya, bisnis kaos disebut juga sebagai bisnis yang tak kenal musim. Di saat politik bergejolak, kaos banyak digunakan untuk menyuarakan pandangan kritis. Pada saat orang jenuh dengan politik, kaos juga bisa muncul dengan desain yang menggelitik syaraf humor. Juga ketika krisis ekonomi melanda, kaos bisa menjadi penyelamat karena tetap laku di pasaran.

Bisnis kaos juga terbukti mampu bertahan dari goncangan krisis ekonomi, bahkan menjadi salah satu penggerak ekonomi rakyat. Simak munculnya distro-distro yang menawarkan kaos dan sejumlah produk kreatif lainnya. Perjalanan waktu membuktikan bahwa ekonomi rakyat yang dijalankan dengan semangat kemandirian mampu tidak hanya mempertahankan diri di tengah ketidakstabilan ekonomi dan politik, tetapi juga mampu mendorong perekonomian mencapai arah yang lebih baik lagi.

Bandung dikenal sebagai salah satu kota penghasil produk kaos di Indonesia. Tentu saja ada beberapa kota lainnya, sebut saja Yogyakarta dan Bali, Juga Jakarta dan sekitarnya. Di Bekasi, ada produsen kaos Descartes yang memasarkan desain kaos unik lewat distro kaos online. Descaster juga menawarkan bagi mereka yang punya keinginan kuat berwirausaha menjadi agen mereka, tentu saja dengan potongan harga yang sangat menggiurkan. Ada banyak desain kaos bola unik hasil produksi Descartes.

Oh iya, jika anda ingin tahu perkembangan industri kaos di Indonesia, ada sebuah ajang yang disebut-sebut sebagai pameran distro terbesar yang pernah digelar di Indonesia. Ajang yang akan digelar pada 20 – 22 November 2009 di Sasana Budaya Ganesha Bandung itu akan diikuti oleh ratusan pejuang industri clothing lokal. Mereka adalah pejuang merek-merek Indonesia!

Tulisan terkait

  • Belum ada tulisan terkait