Bisnis Online

Beberapa hari lalu, PIN (Personal Identification Number) Google Adsense sampai ke rumah. Surat atau lebih tepatnya kartu pos tersegel itu sangat sederhana. Isinya pun singkat, intinya sih hanya untuk memberitahukan PIN yang harus dikonfirmasi oleh para publisher Google Adsense. Cukup menarik sebenarnya. Mengapa google yang dikenal sebagai rajanya internet tidak mengirimkan PIN melalui e-mail serta tidak memberikan opsi pembayaran melalui rekening internet, misalnya melalui paypal?

Google Adsense sebenarnya dapat mengirimkan pembayaran melalui transfer elektronik, tapi Indonesia belum termasuk dalam negara yang memperoleh kemudahan tersebut. Paypal pun sebelumnya tidak memasukkan Indonesia ke dalam negara yang bisa menerima transfer elektronik mereka, tapi sekarang sudah bisa! Alertpay juga belum bisa mencairkan uang melalui transfer elektronik ke Indonesia. Jadi baik Google Adsense maupun Alertpay masih memberlakukan pengiriman cek kepada nasabah mereka di Indonesia.

PIN dikirimkan pakai kartu pos, apa tidak berbahaya? Kartu pos itu disegel, tapi mungkin saja kan dibuka oleh orang lain. Jangan khawatir, informasi yang ada di dalamnya tidak akan bermakna apapun kecuali bagi pemiliknya sendiri. Untuk mengonfirmasi PIN tersebut kita harus login dulu ke account adsense. Mestinya, informasi login itu tidak diketahui siapapun kan…?

Saya memang punya account adsense, isinya baru sekitar US$ 30-an. Jumlah segitu belum bisa dicairkan karena Adsense mensyaratkan minimal US$ 100 untuk bisa meminta pengiriman cek ke rumah. Sudah cukup lama saya tidak menggarapnya, Adsense itu lebih banyak nganggur karena saya sedang asyik belajar bagaimana menjual ruang-ruang di web kita untuk text link. Setelah kartu pos ini datang, semangat itu muncul lagi. Jadilah saya mulai membenahi dua blog yang bisa ditanam Adsense.

Hmmm…, saya yakin US$ 100 itu bisa tercapai. Tapi pertanyaan yang perlu dijawab bukan itu, melainkan seberapa lama angka itu bisa tercapai? Ok, bagaimana kalau sebelum akhir tahun 2008 harus sudah mencapai US$ 100..! *

Apa itu adsense? Googling di sini!

 

Tulisan terkait