Bisnis Online

Akhirnya, plugin Adsense Deluxe bisa juga terpasang di blog ini. Minggu lalu, saya gagal mengaktifkan plugin ini karena selalu ada pesan kesalahan “can’t load adsense” ketika berusaha memasukkan kode google adsense. Bolak-balik berupaya mencari dimana letak kesalahannya, ternyata solusinya cukup mudah.

Begini, setelah mengunduh file Adsense Deluxe di sini, dan mengekstrak file zip-nya, saya segera menginstall ke wp-content/plugins/ di mesin wordpress ini. Dari hasil ekstrak, saya mendapatkan folder “adsense-deluxe_wp_plugin”. Nama folder yang kurang menarik, kenapa tidak membuat folder “adsense deluxe” saja? Begitu pikir saya. Di dalam folder itu, ada lagi folder “adsense-deluxe_wp_plugin_v08”. Lebih tidak menarik lagi. Di sana ada tiga file yaitu adsense-deluxe.php, dan dua file txt, serta satu folder “Optional_WordPress_2.0_Items”.

Semua nama folder yang ada di situ seakan dibuat ruwet. Ketika masuk ke folder “Optional_WordPress_2.0_Items” ternyata ada folder “adsense_deluxe”. Nah, kenapa tidak membuat nama folder seperti itu? Lebih singkat, dan enak dibaca. Atas dasar itu, saya berinisiatif membuat folder wp-content/plugins/adsense_deluxe/ di cPanel blog. Di dalam folder, saya masukkan tiga file dan satu folder yang saya temukan di hasil ekstrak, begitu seterusnya.

Itulah letak kesalahannya! Saya seharusnya meletakkan tiga file tadi, yaitu adsense-deluxe.php dan dua file txt di dalam folder wp-content/plugins, serta membuat folder tambahan wp-content/plugins/Optional_WordPress_2.0_Items. Baru setelah itu seluruh folder di dalamnya ditransfer juga ke sana. Jangan salah meletakkan tiga file awal tadi, dan jangan merubah nama folder!

Setelah itu, semuanya berjalan lancar! Dengan kehadiran plugin adsense deluxe, saya bisa memunculkan google adsense di setiap posting. Caranya bisa dengan insert perintah di bawah ini dalam file single.php agar adsense deluxe menampilkan google adsense di seluruh posting:

Jika tidak ingin ditampilkan secara otomatis dan memilih untuk memasukkan secara manual di posting tertentu, tinggal tambahkan perintah berikut ini di sela-sela posting:

Mengingat ada beberapa ruang iklan yang bisa digunakan di blog ini, saya memilih menampilkan iklan berbentuk teks di posting, dan mengganti iklan teks google adsense di sidebar menjadi iklan bergambar. Sampai hari ini, iklan bergambar di sidebar itu masih bersumber dari google adsense. Tapi mungkin saja nanti kotak itu saya fungsikan untuk adserve.

Apa itu extract file? Googling di sini!