Apa saja sih sumber-sumber pendapatan dari internet? Tentu saja konteksnya adalah online earning alias aktivitas pencarian uang yang berbasis internet. Jawabannya cukup banyak, dan rasanya ini juga telah banyak diketahui oleh pengguna internet. Boleh jadi hampir semua penggiat blog tahu apa itu adsense, bidvertiser, text links ads, reviewme, payperpost, bux.to, wordlinx, projectwonderful, namedrive, sedo, dan masih banyak lainnya.

Namun bila membaca tips dari sejumlah pelaku online earning yang telah berhasil, ternyata tidak cukup bila hanya tahu jenis-jenis penghasil uang itu saja. Tidak sulit kan menempelkan kode adsense di blog, memarkir domain di sedo, klik iklan di wordlinx, tetapi mengapa ada yang bisa mendapatkan hasil cukup banyak dari online earning, ada juga yang tidak menghasilkan apa-apa kecuali frustrasi?

Keberhasilan mereka selalu didukung oleh langkah-langkah optimasi dari setiap jenis online earning yang mereka ikuti. Inilah yang tidak mudah dari aktivitas online earning. Optimasi seringkali memerlukan kreativitas, meskipun tidak murni harus selalu orisinal. Domain yang diparkir tanpa optimasi mungkin hanya selalu mencatatkan pendapatan nol besar meski telah ditanam selama bertahun-tahun. Adsense yang tidak dioptimasi mungkin hanya akan jadi pemanis halaman saja tanpa ada yang berminat meng-klik.

Contoh nyatanya begini, saya telah lama tahu adsense, dan telah pula menanam adsense di sejumlah ladang. Tetapi selama bertahun-tahun, hasilnya bisa dikatakan nol. Belakangan ini, setelah mendapat banyak terpaan informasi tentang optimasi, saya coba menerapkannya. Memang sih, hasilnya belum terlalu bagus. Namun setidaknya, ada perkembangan dibanding sebelum tanpa optimasi.

Bagi saya, entah bagi orang lain, optimasi itu cukup menguras energi. Untuk meningkatkan pendapatan dari adsense saja, begitu banyak aspek yang harus dipelajari. Tools di google adsense sendiri cukup banyak, belum lagi hal-hal yang harus dilakukan di blog, dan masih ditambah lagi dengan upaya promosi. Rumit memang, tapi asyik juga kok melakukannya. Coba deh! *

Tulisan terkait