Bisnis Online

Pernahkah anda mengunjungi situs PT Telekomunikasi Indonesia Tbk atau lebih dikenal dengan sebutan PT Telkom di www.telkom.co.id? Pernahkah anda membuka link “lowongan” di situs tersebut. Menurut informasi yang beredar, sejak awal situs itu ada hingga saat ini, halaman link “lowongan” di situs Telkom tersebut selalu menampilkan tulisan “Mohon maaf untuk saat ini Telkom belum membuka lowongan pekerjaan. Terima kasih.” [UPDATE 26 Agustus 2010: Sekarang ada link untuk e-recruitment, silakan kunjungi link ini]

Logo Telkom

Logo Telkom

Padahal, tidak mungkin sebuah perusahaan besar seperti Telkom tidak pernah melakukan rekrutmen baru. Sebagai perusahaan raksasa, mereka pasti juga butuh regenerasi. Dan faktanya, Telkom selalu melaksanakan rekrutmen setiap tahunnya, bahkan bisa lebih dari satu kali dalam setahun. Menurut kabar yang beredar juga, rekrutmen yang dilakukan Telkom cukup profesional dengan proses seleksi yang sangat ketat.

Yang tidak diketahui banyak orang adalah, bagaimana Telkom memperoleh calon karyawan bila tidak pernah membuka informasi lowongan kerja. Sejumlah kawan yang pernah dipanggil mengikuti seleksi calon karyawan di Telkom menginformasikan, sepanjang tahun kantor Telkom menerima sangat banyak surat lamaran dari seluruh Indonesia. Jadi, meski tidak membuka informasi lowongan kerja, mereka memiliki database yang cukup besar. Belum lagi, Telkom pun memiliki sekolah sendiri seperti Institut Teknologi Telkom, STMB Telkom, STISI Telkom, SMK Telkom, dll.

Jadi saran saya bagi mereka yang berminat mengadu nasib untuk menjadi karyawan Telkom, langsung saja kirimkan surat lamaran kamu ke Direktur Human Capital dan General Affair Kantor Pusat PT Telekomunikasi Indonesia Tbk di Jln. Japati No. 1 Bandung.