Bisnis Online

Kontes referral tampaknya sedang gila-gilaan saat ini. Penyelenggaranya berani menyediakan hadiah bukan lagi jutaan rupiah, tapi sudah hingga ratusan juta rupiah! Kesannya seperti mengada-ngada, tapi secara matematis hal itu sebenarnya wajar saja.

gambar: gettyimages.com

gambar: gettyimages.com

Anda mungkin pernah mendengar kontes referal berhadiah mobil KIA Picanto, ada juga kontes serupa berhadiah Honda Jazz, dan yang terbaru adalah kontes referral berhadiah uang tunai Rp 228 juta. Nah yang terakhir itu cukup menarik karena produknya adalah t-shirt distro dengan harga yang wajar.

Jika kebanyakan kontes mensyaratkan adanya pembelian produk, meski hanya dengan produk seharga Rp 10 ribu, namun kontes berhadiah Rp 228 juta itu tidak mensyaratkan pembelian produk. Tampaknya, kontes itu memang digelar untuk mempromosikan nama mereka. Kalau kata orang pemasaran sih, konsep words of mouth namanya.

Jangan dulu mencibir terhadap kontes berhadiah mobil dan ratusan juta tadi, seperti sudah saya katakan tadi, secara matematis keuntungan bisnis yang bisa diraup pengelola dari kontes referral ini tetap melampaui biaya hadiah yang harus mereka keluarkan. Ini semua hanyalah trik penjualan saja, tak beda dengan perusahaan yang rela mengeluarkan uang besar untuk beriklan di media massa.

Oh iya, kontes referral ini juga bisa menjadi ajang latihan bagi para internet marketer untuk menjajal pengetahuan yang telah mereka peroleh dari banyak sumber. Latihan praktik ini penting karena hanya dengan praktik secara langsung maka kita bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan yang kita miliki.

Mau nyoba kemampuan internet marketer tanpa harus keluar uang? Coba aja kontes berhadiah uang tunai Rp 228 juta ini. Saya tidak akan mengatakan ini sebagai cara mudah mencari uang di internet karena faktanya, tidak ada cara mudah. Semua perlu kerja keras dan kerja cerdas. Juga kerja cepat karena penyelenggara kontes membatasi hanya 100 orang yang akan mendapatkan momentum dahsyat tersebut.