Bisnis Online

Belakangan ini, saya lagi fokus untuk mengetahui bagaimana sih mengelola ruang-ruang di blog yang akan kita gunakan untuk kepentingan iklan. Kalau melihat blog para senior di bidang online earning, tampak bahwa ruang-ruang iklan itu tertata dengan baik. Mereka tahu benar dimana harus meletakkan text link, dimana banner dapat menarik perhatian, bagaimana adsense menjadi begitu provokatif untuk di-klik, pokoknya iklan jadi tidak terasa mengganggu.

Dari hasil blogwalking dan googling, saya baru tahu ternyata cukup banyak plugin untuk wordpress yang memberi kemudahan bagi para bloggers. Selama ini saya memang hanya menggunakan wordpress untuk mesin blog, jadi nggak tau juga bagaimana caranya bila blog anda menggunakan mesin selain wordpress. Dengan menginstal plugin itu, banyak hal dapat menjadi mudah dan menyenangkan.

Plugin pertama yang saya temukan adalah Adsense Deluxe. Dari namanya sudah jelas, plugin ini berfungsi untuk menata peletakan iklan dari google adsense. Terus terang, sampai saat ini saya gagal mengetahui cara kerja adsense deluxe ini. Kalau beberapa hari ini anda mengunjungi hardim.org dan tidak bisa melihat isi seluruh posting di sini, itu karena kegagalan saya menaklukkan Adsense Deluxe. Akhirnya, plugin ini saya kesampingkan dulu.

Plugin berikutnya adalah WP125. Dulu saya suka bingung bagaimana sih orang-orang itu menyusun coding untuk kotak-kotak iklan di blog mereka? Tapi sekarang lihatlah di sisi kanan blog hardim.org ini, saya bisa membuat rubrik “banner” dengan kotak-kotak iklan yang bisa saya isi dan tampilkan dengan mudah mudah. Caranya ternyata sangat mudah! Kita hanya tinggal mencari plugin bernama WP125. Mungkin banyak plugin sejenis lainnya, atau mungkin juga kita bisa membuat coding sendiri, tapi plugin WP125 ini cukup mudah digunakan. Jadi saya pilih gunakan itu saja. Bila anda malas googling, silakan ambil langsung saja WP125 di sini, dan ekstrak zip filenya. Setelah itu…

– Masuk ke cPanel hosting anda. Cari folder wp-content/plugins/
– Buat folder WP125 di dalam sana, dan masukan semua file yang baru kamu ekstrak tadi ke folder WP125.
– Masuk ke backroom blog melalui wp-admin
– Cari “plugins” di panel admin, di sana anda akan menemukan WP125 telah tersedia namun masih dalam status deactive. Aktifkanlah!
– Sekarang, cari “design” atau “presentation” (tergantung versi wordpress yang kamu gunakan) di panel admin. Dari sana klik “widget”.
– Lihat, anda sekarang punya bujursangkar iklan 125 pixel.

Ruang iklan telah tersedia, lalu bagaimana kita mengisi ruang-ruang itu dengan materi iklan? Balik lagi ke panel admin, cari “Ads” di sana, dan klik. Anda akan menemukan halaman untuk menentukan slot iklan mana yang akan diisi, kemana pengunjung akan dibawa jika mengklik iklan itu, berapa lama iklan itu muncul, seperti apa gambar iklan yang akan muncul, bisa juga menentukan berapa kotak yang ingin dimunculkan. Ah, ternyata tidak sulit!

Ingat ya, plugin untuk ruang iklan bukan cuma WP125. Nantikan plugin pengelolaan iklan lainnya di posting berikutnya.

Apa itu plugin wordpress? Googling di sini!