Bisnis Online

Berawal dari kebutuhan terhadap akses internet di rumah, saya sudah beberapa kali mencoba mendapatkan saluran telepon ke Telkom. Tapi sepertinya rejeki belum berpihak ke saya, kabel telepon itu tidak juga mampir ke rumah kami. Akhirnya, saya memutuskan menggunakan akses internet dari salah satu produk dari operator seluler.

Sejujurnya, saya tidak terlalu puas dengan layanan tersebut. Kadang sulit koneksi, setelah bisa koneksi pun seringkali kecepatannya sangat menjengkelkan. Beruntung belakangan ada fasilitas hotspot di kompleks perumahan kami. Hotspot itu menggunakan layanan dari Telkom. Kebetulan ada beberapa warga yang beruntung mendapatkan kabel telepon.

Awalnya saya ragu juga mengingat hotspot pun bersifat wireless. Jangan-jangan nanti kualitasnya mirip dengan layanan akses internet dari operator seluler tadi. Setelah ada fasilitas hotspot ini, saya jadi ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana membangun hotspot. Sebelumnya pun saya sering bertanya pada diri sendiri, bagaimana sih membuat hotspot hotel atau sekolah?

Dari hasil searching akhirnya saya tahu, setidaknya kita perlu Antena Omni atau Antena Sectoral untuk memperluas wilayah jangkauan hotspot, bahkan bisa mencapai beberapa kilometer. Antena jenis ini memiliki pancaran melingkar 360 derajat, tidak searah. Jadi tentu lebih mudah menjangkau klien pengguna hotspot.

Tulisan terkait

  • Belum ada tulisan terkait