Bisnis Online

Ini bukan tips, namun sekadar berbagi pengalaman. Saya bukan orang yang mengerti tentang search engine optimization (SEO), saya hanyalah blogger yang selalu ingin belajar. Berbagai pelajaran yang saya peroleh, coba saya ceritakan kembali. Namun tetap saja, cerita adalah cerita, bukan tutorial.

source: highimpact.co.uk

source: highimpact.co.uk

Cerita kali ini adalah tentang short.web.id, layanan short url yang baru saja saya bangun. Saya daftarkan domain itu dari Pandi pada 9 Juni 2009. Saya install script gratisan yang tampilannya dimodifikasi sedikit, beberapa hari kemudian diluncurkan. Kebetulan, 24 Juni 2009 lalu, Google melakukan update terhadap pagerank. Domain yang baru berusia 2 pekan ini, ternyata sudah dihargai pagerank 2.

Tidak banyak yang saya lakukan. Sejak diluncurkan, domain ini telah diupayakan terindeks oleh search engine terkemuka. Saya submit ke Bing, Yahoo, dan Google. Bing langsung mengindeks short.web.id pada hari yang sama disubmit. Yahoo baru mengindeksnya beberapa hari kemudian. Sementara Google masih belum berkenan mengindeksnya.

Sambil menunggu terindeks di Google, saya pun menaruh link memperkenalkan short.web.id di dua domain lain yang telah memiliki pagerank 3, salah satunya di blog hardim.org ini. Lalu, saya juga memperkenalkan short.web.id di beberapa forum ternama, serta meninggalkan jejak komentar di blog yang menulis tentang layanan short url.

Setelah seminggu berselang, Google masih juga belum mengindeks domain ini. Mengingat Google masih dipandang sebagai search engine paling terkemuka, meski telah terindeks di Yahoo dan Bing, tetap saja saya merasa belum puas. Tiba-tiba saya teringat, untuk membantu terindeks di Google, kita bisa memanfaatkan fasilitas Google Analytics. Terbukti, setelah memasukkan short.web.id dalam daftar domain yang ada di Google Analytics saya, pada hari itu juga domain tersebut langsung terindeks di Google.

Akhirnya pada 24 Juni 2009 itu, saya iseng mengecek pagerank short.web.id dan terkejut mengetahui domain berusia 2 pekan ini telah memiliki pagerank 2. Peringkat Alexa domain ini juga meningkat cukup cepat, melompat ratusan ribu hingga sejuta dari hari ke hari.

Sekali lagi, saya bukan orang yang mengerti tentang SEO. Jadi, saya tidak bisa menjelaskan, mana langkah yang paling berhasil membuat domain tersebut secara cepat memperoleh nilai pagerank. Barangkali anda bisa membantu menjelaskannya?