Jangan lagi mengubah code adsense dengan menambahkan “en” untuk membuat blog anda bisa menampilkan iklan dari google adsense. Jelas sekali, tindakan itu dilarang oleh google. Susahnya, iklan adsense juga tidak mau muncul di blog berbahasa Indonesia. Tapi jangan dulu meninggalkan adsense! Masih ada cara lain untuk menyiasati adsense agar bisa memberikan recehan dollar kepada blog kita.

Gunakan “adsense for search”, jangan hanya mengandalkan “adsense for content”. Bila anda telah memiliki account google adsense, anda bisa memilih dua jenis adsense tersebut. Bila blog anda berbahasa Inggris atau bahasa asing lain yang diterima oleh adsense, tentu tidak ada masalah mau menggunakan adsense for search atau adsense for content. Sayangnya, adsense belum mau menampilkan iklan mereka dalam blog berbahasa Indonesia.

Tetapi sekali lagi, jangan dulu patah semangat. Ambil saja code adsense for search dan tanam di blog kita. Bila anda berpikir, kita hanya akan mengandalkan peluang mendapatkan klik dari search box itu saja, anda salah! Search box itu hanya alat, kita bisa earn money dengan trik lain. Anda tahu mengapa saya memberi link pada kata earn money? Coba deh klik. Anda akan mendapatkan halaman yang biasa kita jumpai bila mencari sesuatu menggunakan google. Tetapi di bagian paling atas anda bisa melihat ada beberapa link yang diberi kotak oleh google. Itulah link pemasang iklan, jika di klik maka google dan pemilik blog yang memasang search box tadi akan mendapatkan dollar.

Jadi, setelah memasang search box, silakan cari keyword yang mengandung link pemasang iklan. Coba saja ketik keyword tersebut di dalam search box, misalnya ketik banking, atau web hosting, atau golf, atau apa saja yang kita inginkan. Upayakan agar keyword yang akan kita gunakan itu memang terkandung dalam tulisan yang akan kita posting di blog. Jadi, link itu terasa wajar dan mengundang minat pengunjung untuk mengklik. Copy-paste link yang tampil di address bar setelah kita melakukan pencarian, dan tanam alamat itu sebagai link atau tautan untuk keyword tersebut di posting kita.

Itu sebabnya mengapa hampir setiap posting di blog hardim.org ini, pada bagian akhirnya, selalu ada link untuk melakukan googling. Bunyinya seperti ini: mau tau apa itu google tips? Googling di sini! Klik saja, pengunjung tidak pernah rugi karena mereka juga mendapatkan pengetahuan baru dengan googling. Coba deh! *

Tulisan terkait