Di era paperless seperti sekarang ini, peranan media elektronik semakin dominan dalam kehidupan keseharian kita. Mulai dari pekerjaan kantor hingga keseharian di rumah, media elektronik tak bisa dilepaskan dari diri kita. Sejumlah perusahaan kini telah menerapkan budaya paperless dimana hampir seluruh aktivitas perkantoran dilakukan secara elektronis dengan minimal penggunaan kertas.

Berbagai dokumen kini tidak lagi berbentuk kertas, namun sudah dalam bentuk file. Saling kirim file dilakukan antar karyawan atau bagian, sharing file dengan banyak pihak baik internal maupun eksternal kantor pun bisa dilakukan dengan mudah secara elektronis.

File yang disharing bukan lagi sekedar teks, tetapi sudah merupakan file kompleks yang mengandung teks, gambar, suara, bahkan video. Konsekuensinya, file tersebut sangat berat dan kadang kita sulit melakukan upload file. Bukan hanya sulit mengupload, bobot file yang besar juga akan membebani server kita. Apalagi bila file tersebut disimpan cukup lama. Beruntung kini tersedia layanan free upload yang menyediakan ruang gratis bagi kita untuk menyimpan file.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Tinggal kunjungi layanan upload file gratis itu, dan upload file kita di server mereka. Beberapa layanan mengharuskan penggunanya untuk terlebih dahulu melakukan pendaftaran, beberapa lainnya memberikan layanan secara anonymous. Setelah upload berhasil, biasanya kita memperoleh url tempat penyimpanan file tersebut. Bila ingin berbagi file dengan yang lain, kita hanya cukup memberikan url tersebut. Sederhana bukan!

Layanan seperti ini memudahkan pengguna internet untuk menyimpan file dan saling berbagi. File yang tersimpan di internet bisa diakses dari manapun asalkan komputer kita terkoneksi dengan internet. Jadi tidak perlu khawatir ketinggalan file di rumah. Apalagi bila mengingat layanan yang sangat berguna ini dapat dimanfaatkan secara gratis!

Tulisan terkait

  • Belum ada tulisan terkait