Bisnis Online

Apa sih online earning yang paling mudah dilakukan? Jawabannya memang relatif, tergantung minat masing-masing orang. Tapi saya pikir, metode paid to click (PTC) termasuk metode online earning yang mudah dilakukan siapapun. Ibaratnya, bila bisa buka e-mail maka orang itu pasti bisa ikut PTC. Apalagi PTC hanya menginginkan kita untuk mengklik iklan dan melihatnya selama 30 detik (durasinya bisa berbeda-beda tiap PTC). Setiap klik yang tuntas, mereka akan memberi kita recehan. Dalam bahasa sono, recehan dollar itu biasa disebut bucks. Mungkin itu sebabnya PTC banyak yang menggunakan kata “bux”.

Jumlah PTC sangat banyak, setiap saat terus bermunculan PTC baru termasuk versi Indonesia. Saya sendiri pernah mencoba beberapa PTC, dan harus diakui, tidak sedikit dari PTC itu akhirnya tidak pernah beroperasi lagi sebelum saya sempat menarik dana, bahkan sebelum saya sempat mencapai jumlah pendapatan minimal yang mereka tetapkan. Pernah juga pendapatan terkena reset dan menjadi nol lagi. Providernya hanya beralasan, sistem mereka terkena gangguan. Halah, males banget! Jujur, PTC sebenarnya membosankan. Tapi seringkali juga bikin penasaran.

Sampai saat ini, dari beberapa PTC yang saya ikuti, baru Feelbux yang telah menghasilkan dollar. Tidak banyak, hanya US$ 6-an. Sekarang saya juga sedang menunggu pembayaran US$ 6 lagi, statusnya masih pending. Itu pun sebenarnya baru tergolong hampir balik modal karena sebelumnya saya telah mengeluarkan biaya US$ 10 untuk upgrade menjadi premium member dan US$ 5-an lagi untuk membeli referral. Meski begitu, saya kok tidak yakin juga ya PTC ini akan bertahan lama.

Selain Feelbux, saya juga masih aktif ikut di You-Cubez (premium member) serta Buxto, Crewbux, Buxbin, dan Wordlinx sebagai standard member. Namun belakangan saya mulai mengerti, bagaimana sebaiknya memilih PTC. Rencananya saya akan memilih paling banyak 5 saja, dan serius menggarap kelimanya. Salah satu langkah serius yang perlu dipersiapkan adalah berinvestasi membeli referral agar PTC tidak terus membosankan.

Oh iya, mayoritas PTC mentransfer uang melalui rekening alertpay, ada juga beberapa yang menggunakan paypal. Untuk itu, setiap peminat PTC harus punya dulu rekening alertpay maupun paypal. Daftar aja, gratis kok. Lagipula, rekening di paypal dan alertpay memang sangat dibutuhkan untuk aktivitas online earning.*

Apa itu paid to click? Googling di sini!