Bisnis Online

Saya kira, hampir seluruh masyarakat Indonesia telah mendengar hot news tentang wafatnya seniman Mbah Surip yang punya nama asli Urip Achmad Aryanto itu. Seniman yang terkenal dengan tawa khasnya itu wafat pada saat dirinya sedang tenar bukan kepalang di negeri ini. Mbah Surip memang baru terkenal luas di tengah masyarakat kurang lebih pada tiga bulan terakhir ini. Tapi, apakah Mbah Surip muncul begitu saja, langsung tenar, dan kemudian wafat?

Mbah Surip

Mbah Surip

Kebanyakan dari kita yang awam ini mungkin memang baru mendengar dan melihat sepak terjang sosok seniman yang tidak bisa dibilang muda lagi itu dalam beberapa bulan terakhir saja. Saat kita menyalakan televisi, video klip “Tak Gendong” memberondong kita terus menerus. Saat kita menyaksikan tayangan gosip selebritis, sosok berambut gimbal dengan dandanan ala penyanyi legendaries Bob Marley itu sering muncul menjadi topik berita. Saat kita sedang berada di kantor, berjalan di toko, atau sedang santai di beranda rumah, tak jarang kita mendengar orang lain mendendangkan lagu “Tak Gendong” yang dinyanyikan Mbah Surip.

Boleh dibilang, Mbah Surip bukan cuma ada di ring back tone ponsel teman-teman kita, Mbah Surip ada dimana-mana. Namun bila kita agak jeli sedikit, sosok ini sebenarnya sudah muncul cukup lama di kalangan selebritis. Tawanya yang khas membuat saya ingat pernah menyaksikannya di televisi, jauh sebelum dia benar-benar terkenal dalam beberapa bulan terakhir ini. Setelah dia wafat, kita semakin tahu riwayat hidupnya, ternyata Mbah Surip tidak muncul tiba-tiba. Dia butuh proses bertahun-tahun untuk bisa mencapai posisi puncak sebagai seniman di penghujung hidupnya.

Banyak sosok selebritis yang sepertinya muncul begitu saja. Padahal, mereka harus menjalani kerja keras yang cukup panjang sebelum bisa muncul dan dikenal. Penyanyi  Inul Daratista mungkin adalah satu contoh fenomenal sebelumnya. Sekarang juga ada band Kuburan. Jangan bilang band Kuburan muncul sekonyong-konyong dan langsung terkenal. Band ini sudah malang melintang bertahun-tahun dari panggung pentas seni sekolah satu ke panggung lainnya di Bandung. Bila saat ini mereka mulai dikenal secara nasional, barangkali memang sudah saatnya mereka mulai memetik hasil kerja kerasnya.

Mungkin, memang ada beberapa sosok selebritis yang muncul sekonyong-konyong dan langsung terkenal tanpa melalui proses pembentukan yang berliku. Entah, menurut anda apakah model cantik Manohara tergolong selebritis yang sekonyong-konyong muncul? Eh, kabarnya kisah Manohara selain dibuat sinetron juga akan dibuat film loh. Mau bikin review film itu kalau muncul nanti? Yuk… cap cus!