Bisnis Online

Selagi asyik mencari script gratis untuk membangun layanan cloak url, saya ternyata menemukan wordpress plugin yang rasanya cukup penting dimiliki oleh pelaku online earning yang rajin make money online πŸ˜‰ Plugin itu bernama GoCodes, dan mudah sekali penggunaannya.

Cloak url adalah cara untuk menyembunyikan url sebenarnya dengan url lain yang biasanya lebih pendek dari url sebenarnya. Cara ini biasa digunakan oleh para pemain affiliate marketing agar affiliate url mereka tidak tampak begitu telanjang. Cloak url juga digunakan oleh mereka yang menginginkan alamat internet yang lebih pendek dan mudah diingat.

Selama ini, untuk menyelubungi url dengan url alis saya selalu menggunakan cara yang disarankan oleh John Chow, yaitu membuat redirect page dengan file php. Dengan cara ini, saya harus selalu mengupload file php baru setiap ada cloak url baru yang ingin saya gunakan. Memang ada cara yang lebih instant, yaitu menggunakan layanan penyelubung url (cloak url service) yang cukup banyak tersedia. Namun saya jarang sekali menggunakan fasilitas tersebut (walaupun jarang, tapi berminat membangun layanan cloak url).

Kini, dengan GoCodes terinstall di wordpress, cloak url rasanya akan jadi lebih mudah. Tinggal tuliskan url yang ingin kita tuju, tentukan nama yang kita inginkan, dan cloak url telah siap digunakan. Untuk melihat perbedaannya, saya akan mencontohkan url asli dengan url hasil polesan GoCodes. Ini url asli dan ini hasil polesan GoCodes. Terlihat bedanya? Ya, url polesan memperlihatkan alamat http://hardim.org/ke/GoCodes/. Padahal, jika di klik kedua link itu akan menuju satu tempat yang sama.

Hmm.. makin cinta aja nih sama WordPress!