Sejak April lalu, blogsvertise menjadi salah satu sumber online earning saya. Sebenarnya, sudah lama saya tergabung dengan blogsvertise, namun baru April 2009 itulah saya mendapatkan task dari mereka. Sepanjang April itu, saya menyelesaikan task senilai US$ 47. Blogsvertise memberikan task dengan pemberitahuan melalui e-mail, tanpa kita harus melakukan bid seperti SponsoredReviews atau program serupa lainnya. Konon, ada juga task yang bisa diperoleh melalui grab task, tetapi saya belum pernah memperoleh kesempatan itu.

Mei ini, blogsvertise masih memberikan task kepada saya. Tiba-tiba saja saya ingin mencoba layanan penulis content untuk mengerjakan task tersebut. Barangkali saya sedang berkhayal sedang kebanjiran pesanan review sehingga merasa perlu mencoba layanan penulis content. Sebenarnya tidak juga karena secara matematis, menggunakan layanan penulis content itu sama sekali tidak merugikan. Task dari blogsvertise yang saya terima bernilai US$ 9, sedangkan biaya layanan penulis content hanya US$ 1. Jadi masih ada margin US$ 8, tanpa saya harus susah payah mereview advertiser.

Dengan optimis saya hubungi salah satu jasa layanan penulis content, dan mengirimkannya task yang saya terima dari blogsvertise. Tak lama kemudian, review pun saya terima, dan langsung lakukan posting. Besoknya, ada e-mail dari blogsvertise memberitahukan, review ditolak! Setelah komplain ke penulis content, saya menerima revisi dari mereka. Posting lagi, dan hasilnya ditolak lagi! Waduh, payah nih.

Akhirnya, saya berusaha memperbaiki sendiri review itu. Posting lagi, wah ditolak lagi. Kali ini ada pemberitahuan tambahan, katanya review ditolak karena mereka tidak bisa membuka halaman yang diajukan. Nah, itu sih berarti persoalannya ada di hosting yang sedang down. Beberapa hari kemudian, saya coba submit lagi, eh ternyata masih ditolak juga dengan alasan anchor atau keyword tidak sesuai. Saya lihat, memang ada kesalahan. Saya pun segera perbaiki. Ternyata, hasilnya masih ditolak lagi. Kali ini alasannya, url tidak tepat. Ternyata, saya mencantumkan url yang menuju homepage advertiser, padahal mereka minta ke halaman yang lebih dalam lagi.

Semua ketidaktelitian itu berawal dari tidak cermatnya saya memperhatikan guideline dari advertiser. Itu pasti karena sejak awal saya sudah niat menyerahkan task itu pada orang lain. Sialnya, blogsvertise kabarnya tidak akan memberi task jika task yang ada belum tuntas diselesaikan. Jadi, selama kurang lebih 2 minggu saya menghabiskan waktu untuk satu task, dan tidak memperoleh task lainnya. Untungnya, masih ada pekerjaan lain dari ReviewMe, ReviewMu, dan PayingPost yang bisa saya kerjakan.
Kesimpulan, perhatikan dengan sangat teliti setiap task yang kita terima. Kalaupun kita ingin menggunakan jasa layanan penulis content, pastikan kita pun paham benar apa yang diinginkan advertiser, jangan hanya memforward task dan posting, lalu malas melakukan cek ulang. Apa saya kapok dengan jasa penulis content? Nggak juga! Cuma kalau belum terlalu kebanjiran job banget, kenapa nggak kerjain sendiri saja. Hitung-hitung belajar memahami pasar! *

PR: wait… I: wait… L: wait… LD: wait… I: wait… wait… Rank: wait… Traffic: wait… Price: wait… C: wait…

Tulisan terkait